PADANG

Kota Padang sebagai ibu kota Propinsi Sumatera Barat sangat identik dengan suku Minangkabau dan masakan Padangnya. Semasa penjajahan Belanda, pelabuhan Teluk Bayur di Padang menjadi pelabuhan utama dalam perdagangan emas, teh, kopi, maupun rempah-rampah. Kota Padang juga memiliki sejumlah obyek wisata menarik, diantaranya Museum Adityawarman, jembatan Siti Nurbaya, Pantai Air Manis, Pantai Caroline, dan sejumlah obyek wisata lainnya.

Kisah Siti Nurbaya dan Malin Kundang merupakan legenda khas dari daerah ini. Di pantai Air Manis Anda bisa menjumpai batu Malin Kundang. Sedangkan kuburan Siti Nurbaya konon dipercaya berada di kawasan perbukitan Gunung Padang yang kini terhubung dengan jembatan Siti Nurbaya.

Kota Padang memiliki sebuah bandar udara, yakni Bandar Udara Internasional Minangkabau (PDG) yang terletak di daerah Ketaping, Kabupaten Padang Pariaman, berjarak 19 km dari pusat kota Padang. Pembangunan bandara ini untuk menggantikan keberadaan Bandara Tabing yang telah beroperasi selama hampir 34 tahun. Bandara Tabing dinilai tidak memenuhi standar keamanan penerbangan yang layak karena letaknya terlalu berdekatan dengan pusat kota sehingga keberadaannya juga bisa menghambat upaya pengembangan kota.

Selain itu, area bandara yang sempit tidak memiliki landasan yang cukup untuk pendaratan pesawat yang berbadan lebar. Begitu pula dengan kapasitas penumpangnya, hanya mampu menampung penumpang dalam jumlah yang terbatas. Oleh karena itu perlu diambil kebijakan untuk segera membuat bandara baru.

Bandara Minangkabau resmi beroperasi mulai tanggal 22 Juli 2005. Arsitektur bandara ini sangat khas bercirikan rumah adat Minangkabau, yakni bagian atap bangunannya yang berbentuk tanduk. Tidak hanya itu saja, semua detil bangunan dan fasilitas yang ada di dalamnya menggunakan istilah adat Minang.

Sejumlah maskapai penerbangan yang rute penerbangannya melewati bandara ini antara lain Air Asia, Batavia Air, Garuda Indonesia, Indonesia Air Asia, Lion Air, Mandala Airlines, Merpati Nusantara Airlines, Sriwijaya Air, Tiger Airways, PAL Express, dan Wings Air. Bandara Minangkabau juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti ATM, wartel, minimarket, restoran, kafe, bank, shopping arcade, dan lounge. Sarana transportasi yang bisa Anda gunakan untuk menuju bandara tersebut adalah taksi dan bus DAMRI. Informasi lebih lanjut mengenai Bandara Minangkabau bisa Anda dapatkan di nomor telepon (0751)819123.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s