SOLO

Adi Sumarmo Solo

Solo merupakan salah satu kota penting yang berada di Propinsi Jawa Tengah. Bagian timur kota ini dilewati oleh Sungai Bengawan Solo. Sebelum Indonesia merdeka, kota tersebut menjadi bagian dari Kesultanan Mataram. Akibat perpecahan di tubuh kesultanan, di kota Solo sempat berdiri dua buah keraton. Yakni Kasunanan Surakarta dan Praja Mangkunegaran. Oleh karena itu kota Solo dikenal pula dengan istilah Surakarta. Setelah Indonesia merdeka, kota Solo berubah menjadi Daerah Istimewa Surakarta yang kedudukannya setingkat dengan propinsi. Namun tak berapa lama kemudian kedudukan tersebut dihapuskan seiring dengan berkembangnya gerakan anti monarki di Surakarta.

Pada tahun 1950 Surakarta menjadi kota di bawah administrasi Propinsi Jawa Tengah. Baru setelah adanya hak otonomi daerah, Surakarta akhirnya berstatus menjadi kota otonom.
Kota Solo memiliki satu buah bandar udara internasional, yakni Bandara Adi Sumarmo (SOC) yang terletak di Kabupaten Boyolali, berjarak 14 Km dari pusat Kota Solo. Selain melayani penerbangan komersil, bandara ini juga difungsikan sebagai pangkalan TNI AU. Adapun untuk pengelolaan bandara diserahkan kepada PT. Angkasa Pura I.

Sejumlah maskapai yang beroperasi di bandara ini antara lain Garuda Indonesia (Jakarta), Sriwijaya Air (Jakarta), Lion Air (Jakarta), Batavia Air (Jakarta), Sky Aviation (Surabaya, Bandung), Silk Air (Singapura), dan Air Asia (Kuala Lumpur). Bandara ini juga melayani penerbangan jamaah haji karena Solo menjadi kota embarkasi haji untuk wilayah Propinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bandara Adi Sumarmo memiliki empat buah terminal, terdiri dari dua buah terminal penumpang dan dua buah terminal kargo. Selain itu, bandara ini juga memiliki 11 lapangan parkir pesawat terbang. Untuk layanan kargo, fasilitas yang diberikan berupa kawasan berikat, tempat karantina hewan, fasilitas kesehatan, peralatan sinar X, GPU, kursi roda, dan sabuk berjalan kargo. Fasilitas umum yang tersedia di bandara ini antara lain berupa bank dan telepon.

Untuk menuju Bandara Adi Sumarmo, satu-satunya sarana transportasi publik yang bisa Anda gunakan adalah taksi. Informasi lebih lanjut mengenai bandara tersebut bisa langsung Anda dapatkan di alamat kantornya, yakni Jl. Bandara Adisumarmo–Surakarta, atau melalui line telepon (0271)780715, 780714, 780400.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s