Sriwijaya Air Terpeleset, Anggota DPR Penuh Lumpur

Gambar Tempo.Com Aditya Herlambang Putra

Sriwijaya Air Terpeleset, Anggota DPR Penuh Lumpur

Pontianak – Di saat Bandara Supadio menata diri untuk persiapan perpanjangan waktu operasi hingga pukul 24.00 WIB, pesawat Sriwijaya Air tergelincir Jumat siang, 1 Juni 2012, karena landasan yang licin.

Zulfadhli, anggota DPR RI yang menjadi penumpang pesawat itu, mengatakan hujan lebat berlangsung sesaat sebelum pesawat mendarat. “Tidak ada pemberitahuan dari pilot, seperti pemberitahuan standar untuk menundukkan kepala ketika akan mendarat,” katanya.

Sesaat setelah mendarat darurat dalam guncangan, semua penumpang dalam kondisi panik. Untung petugas sigap, sehingga semua penumpang segera dievakuasi dengan ambulans. Tubuh Zulfadhli sendiri penuh lumpur karena tangga darurat langsung berada di kubangan sawah warga.

“Saran saya sebagai anggota Dewan, runway harus diperlebar dan diperpanjang. Kedua, pesawat harus dalam kondisi baik,” ujarnya yang duduk di kursi 25B. Pesawat sendiri terbang sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Piet Herman Abik, tokoh Kalimantan Barat yang juga menumpang pesawat itu, mengatakan guncangan pesawat memang sudah dirasakan sesaat sebelum mendarat. “Setelah beberapa detik, terasa pesawat ngerem dan mulai bermasalah,” katanya. Terasa pesawat kehilangan kendali dan meluncur ke luar landasan.

Semua panik, apalagi kondisi pesawat tengah penuh, katanya. Setelah disadari, posisi pesawat kurang lebih 20 meter keluar dari landasan. Herman juga melihat ada bagian pesawat yang terlepas, tapi tak ada percikan api saat pesawat keluar dari landasan. Pesawat miring ke kiri. Sayap kanan patah. Kondisi bagasi pun basah, kata Herman lagi.

Sementara itu, Sriwijaya Air mengumumkan penerbangan selanjutnya ke Jakarta ditunda hingga besok. Dwi, warga Jakarta yang akan kembali ke daerahnya, mengatakan ada pemberitahuan bandara akan dibuka kembali pukul 19.00 WIB. “Tapi saya refund saja. Tunggu situasi besok,” katanya.
sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/06/01/058407708/Sriwijaya-Air-Terpeleset-Anggota-DPR-Penuh-Lumpur

2 thoughts on “Sriwijaya Air Terpeleset, Anggota DPR Penuh Lumpur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s