Supadio Dibuka Lagi, Penerbangan Mulai Padat

Supadio Dibuka Lagi, Penerbangan Mulai Padat

TEMPO.COPontianak – Setelah mengevakuasi pesawat Sriwijaya Air yang tergelincir, Bandara Supadio Pontianak berhasil beroperasi kembali pukul 15.30 WIB, Sabtu, 2 Juni 2012. Pukul 16.00 WIB, Bandara mulai melepas penerbangan ke Jakarta.
“Semua sudah normal. Cuma tinggal mengaturtraffic-nya,” kata Plt GM PT Angkasa Pura II, Syarif Usmulyani Alkadri, kepada wartawan. Sesaat kemudian, tampak pesawat mulai berada di landasan pacu.

PT Angkasa Pura II merilis akibat penutupan sementara itu, hari ini sebanyak 29 jadwal penerbangan dari dan menuju bandara tersebut mengalami penundaan (delay) yaitu 12 jadwal keberangkatan dan 17 jadwal kedatangan.

Untuk keberangkatan, jadwal yang mengalami penundaan antara lain dari Pontianak tujuan Jakarta sebanyak tujuh penerbangan, tujuan Ketapang tiga penerbangan, tujuan Yogyakarta satu penerbangan, dan tujuan Sintang satu penerbangan.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Hari Cahyono dalam siaran persnya menyebutkan, jadwal kedatangan yang mengalami penundaan, antara lain sembilan penerbangan dari Jakarta, satu penerbangan dari Batam, satu penerbangan dari Singapura, tiga penerbangan dari Ketapang, satu penerbangan dari Pangkalan Bun, satu penerbangan dari Sintang, serta satu penerbangan dari Natuna.

Hari menuturkan, dalam sehari, Bandara Supadio melayani sebanyak rata-rata 72 penerbangan datang dan pergi untuk rute domestik maupun internasional. Sebelum peristiwa tergelincirnya pesawat Sriwijaya, telah ada 18 penerbangan yang melakukan take-off dan landing di bandara tersebut tanpa hambatan. Landasan tidak ada masalah, karena proses perawatan dan pengecekan rutin terhadap landasan pacu yang menjadi standar prosedur kerja selalu dilakukan.

”Pasca kejadian ini, kami juga langsung melakukan pengecekan terhadap seluruh bagian runway, dan hasilnya normal. Meski sebenarnya, tanpa ada kejadian ini pun, pengecekan rutin kami selalu lakukan setiap hari. Yaitu baik sebelum jam operasi bandara dimulai maupun setelah jam operasi bandara berakhir. Sejauh ini tidak ada kerusakan pada landasan pacu,” katanya.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 188 jenis 737-400 dengan registrasi PKCJV terbang dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta menuju Pontianak, tergelincir saat mendarat di Bandara Supadio Pontianak pada 1 Juni 2012, pukul 14.45 WIB. Saat mendarat kondisi hujan lebat dan angin, pesawat tergelincir ke sisi kiri runway dari arah runway 15.

One thought on “Supadio Dibuka Lagi, Penerbangan Mulai Padat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s