Mengapa Tak Boleh Sikat Gigi setelah Makan?


New York – Banyak orang menyikat lebih dari jumlah yang direkomendasikan per hari, terutama setelah makan. Mereka beranggapan, semakin sering gigi disikat semakin bagus untuk kebersihan dan kesehatannya.

Pendapat ini ternyata keliru. Menyikat gigi dalam setengah jam setelah makan atau minum secangkir kopi bisa memastikan gigi Anda mengalami kerusakan parah. Setelah minum minuman bersoda atau asam, asam menyusup ke dalam enamel gigi Anda dan lapisan di bawah enamel yang disebut dentin.

Menyikat pada waktu yang “salah”, terutama dalam waktu 20 menit setelah menyelesaikan makan, dapat mendorong asam lebih dalam ke lapisan gigi, yang menyebabkan korosi mereka jauh lebih cepat dari yang membusuk sendiri.

“Dengan menyikat gigi Anda benar-benar bisa mendorong asam lebih dalam ke enamel dan dentin,” kata Dr. Howard R. Gamble, Presiden Academy of General Dentistry, dalam wawancara dengan New York Times.

Penelitian menunjukkan bahwa gigi mengalami korosi lebih cepat jika mereka disikat setengah jam setelah minum minuman ringan mengandung asam. Penelitian melibatkan sukarelawan yang memakai sampel dentin di mulut mereka.

Mereka menyarankan agar gosok gigi dilakukan paling tidak sejam setelah aktivitas makan dan minum. Atau, jika mendesak, tunggu sampai 30 menit berlalu setelah suap terakhir.

One thought on “Mengapa Tak Boleh Sikat Gigi setelah Makan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s