Nigeria Berkabung Tiga Hari

Nigeria berkabung selama tiga hari sejak Senin (4/6/2012) menyusul kecelakaan pesawat sehari sebelumnya di Lagos. Dalam musibah itu, 153 orang di pesawat dan belasan orang di darat tewas akibat terempas puing pesawat. Di antara korban terdapat satu warga negara Indonesia yang menjadi teknisi pesawat.

Pesawat Boeing MD-83 itu berangkat dari Abuja, ibu kota Nigeria, menuju Lagos, kota terbesar di negara itu. Sekitar 20 kilometer menjelang bandara Lagos, pesawat hilang dari radar. Kemudian diketahui pesawat jatuh menimpa permukiman penduduk.

Menteri Penerbangan Nigeria Stella Adaeze Oduah dalam sebuah pernyataan menegaskan, penerbangan dinyatakan dalam kondisi darurat oleh menara kontrol pada pukul 15.43. Sekitar satu menit kemudian, pesawat tidak terlihat di radar.

Pesawat domestik yang dioperasikan maskapai Dana Air itu jatuh dan menabrak sebuah bangunan dua lantai. Gereja dan rumah lain di sekitarnya turut terbakar. Teriakan dan rintihan warga terdengar di sekitar lokasi. Belasan warga diduga ikut tewas akibat terbakar.

Asap tebal membubung tinggi di lokasi kejadian. Bangunan dua lantai yang ditabrak pesawat digunakan untuk percetakan dan juga tempat tinggal. ”Saya baru saja keluar gereja pukul 15.00 ketika mendengar ledakan keras itu,” kata seorang saksi, Tunji Dawodu.

Semula, Dawodu mengira bunyi keras itu hanyalah ledakan biasa. ”Kemudian saya melihat api berkobar dalam bangunan yang tertabrak pesawat.”

Petugas penyelamat mengeluarkan 10 mayat dari dalam gedung yang rusak. Puing pesawat, termasuk bagian ekor, berhamburan di lokasi. Ratusan warga berteriak panik saat regu penolong berusaha menerobos kepulan asap untuk mengevakuasi korban selamat.

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan mengumumkan masa berkabung nasional selama tiga hari dan rakyat diminta mengibarkan bendera setengah tiang. Ia juga memerintahkan penyelidikan penuh atas musibah pesawat tersebut.

Harold Demuren, Direktur Umum Otoritas Penerbangan Sipil Nigeria (NCAA), mengatakan, penyelidikan resmi dimulai. Namun, hingga Senin sore, belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat. Pejabat keadaan darurat dan seorang pejabat penerbangan mengatakan, kotak hitam telah ditemukan dan diserahkan kepada polisi. Langit berawan pada saat pesawat jatuh, tetapi tidak turun hujan.

Otoritas Nigeria mengatakan, di dalam pesawat ada 153 orang, terdiri dari 147 penumpang dan 6 awak. ”Kami menduga mereka semua tewas,” kata Tunji Oketunbi, juru bicara Biro Investigasi Kecelakaan Nigeria. Jumlah total korban tewas baru diketahui setelah tim selesai bertugas.

Ratusan orang mengerubuti lokasi kejadian sehingga menyulitkan evakuasi. Saksi mata menuturkan, pesawat naas itu sebelum jatuh terlihat seperti maju mundur di udara.

Nigeria memiliki catatan buruk dalam dunia penerbangan domestik. Namun, Dana Air dinilai sebagai jasa penerbangan domestik yang aman dan efisien sejak beroperasi pada 2008.

Korban WNI

WNI yang menjadi korban adalah Widyo Utomo (38) yang menjadi mekanik di maskapai tersebut setahun terakhir. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Tatang Budi Razak mengonfirmasi, terdapat seorang WNI yang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Menurut Tatang, dirinya sudah berkomunikasi dengan ayah korban yang mengetahui musibah itu dari perusahaan. Wakil Kedutaan Besar RI di Abuja telah berada di lokasi, menunggu identifikasi jenazah korban. Sampai Senin malam, baru 94 jenazah yang teridentifikasi.

”KBRI baru bisa memulangkan jenazah korban jika identifikasi selesai. Kami harap prosesnya cepat, jadi jenazah bisa dipulangkan segera,” ujarnya.(AFP/AP/REUTERS/CAL/DWA)
sumber : kompas.com

2 thoughts on “Nigeria Berkabung Tiga Hari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s