Gua Pattunuang

Stalagtit Gua Pattunuang (adechandraa.blogspot.com)


Gua Pattunuang merupakan kawasan taman wisata yang memiliki 40 gua. Gua-gua di kawasan taman wisata ini masih asri dan beloun rusak akibat ulah manusia. Selain kaya akan ornamen-ornamen gua yang indah, gua ini juga memiliki panorama alam yang tidak kalah indahnya. Sungai yang diapit tebing yang terjal menajadi nilai tambah tersendiri bagi taman wisata ini.

Umumnya, gua yang berada di kawasan taman wisata Gua Pattunuang mudah untuk dijangkau dengan kedalaman 30 meter. Selain kaya akan stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan, berbagai spesies flora dan fauna yang tergolong langka juga dapat Anda jumpai di kawasan ini.

Didalam kawasan ini juga terdapat sebuah batu besar berbentuk perahu yang menyimpan legenda yang menarik, menurut cerita konon pada saman dahulu seorang saudagar China yang datang untuk melamar dan mempersunting gadis Semanggi namun karena lamarannya ditolak, akhirnya karena mendapat malu saudagar tersebut kemudian mengharamkan perahunya, perahunya inilah yang kemudian pada akhirnya menjadi batu.

Sekarang oleh masyarakat di Desa Semangi menyebut batu tersebut Biseang Labboro, yang artinya perahu yang terdampar.

Pada akhir pekan kawasan ini banyak dikunjungi khususnya remaja yang melakukan Camping, Caving (penelusuran gua), panjat tebing atau sekedar menikmati panorama alam, sungai dan flora-fauna khas yang terdapat didalamnya.

Selamat datang di Taman Wisata Alam Gua Pattunuang (adechandraa.blogspot.com)


Balai Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung (BALAI TN. BABUL) sebagai institusi pemerintah yang bertanggungjawab dalam hal pengelolaan kawasan konservasi, telah membangun beberapa fasilitas dikawasan ini antara lain: Fasilitas Camping Ground, Sheller, Jalan Trail Wisata, WC dan Pos Pelayanan Tiket.[Dicky Ardian]

sumber : detiktravel.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s