Penumpang Lion Air Capai 8 juta di Kuartal I


TRIBUNNEWS.COM JAKARTA. Pertumbuhan jumlah penumpang PT Lion Mentari Airlines pada kuartal I 2012 ini cukup menggembirakan. Pengelola maskapai penerbangan Lion Air ini berhasil menerbangkan delapan juta penumpang baik rute domestik maupun internasional. Jumlah itu naik 10% dari kuartal I 2011 sebanyak 7,2 juta.

Edward Sirait, Direktur Umum Lion Air mengatakan, revitalisasi armada telah mendorong peningkatan jumlah penumpang. Selain itu Lion Air juga melakukan menambah frekuensi penerbangan pada rute domestik. “Mayoritas untuk penerbangan domestik yaitu 98% atau 7,840 juta penumpang. Untuk penerbangan internasional sebesar 160.000 penumpang,” katanya, Kamis (24/5/2012).
Jakarta-Medan gemuk
Menurut Edward, setelah membuka rute penerbangan langsung Jakarta-Manado pada Februari 2012, Lion Air juga akan membuka kembali dua rute penerbangan langsung Surabaya-Ambon dan Surabaya-Palu.
Dari seluruh rute penerbangan domestik, menurut Edward, rute yang paling gemuk adalah Jakarta – Medan. Dengan frekuensi penerbangan 20 kali per hari, Lion Air berhasil memperoleh cakupan penumpang atau load factor di angka 82,5%. Untuk rute internasional, Lion Air fokus pada rute Jakarta-Singapura, Jakarta-Jedah, dan Jakarta-Kuala Lumpur.
Walau pada kuartal I tahun ini pertumbuhan penumpang Lion Air mencapai 10%, Edward pesimis untuk seluruh tahun ini bisa tumbuh di angka yang sama. Dia beralasan, pada Juli dan September akan memasuki masa low season yang sepi penumpang. Untuk tahun lalu Lion berhasil mengangkut 24,97 juta penumpang rute domestik.
Untuk terus meningkatkan pelayanan, Lion Air tahun ini akan menambah 12 Boeing 737-900 ER. Pesawat-pesawat itu akan menambah total armada yang dioperasikan Lion Air yang saat ini sebanyak 87 pesawat yang seluruhnya bikinan Boeing Corporation. “Di antaranya Boeing 737-300 sebanyak dua unit, Boeing 737-400 sebanyak sepuluh unit, Boeing 747-400 sebanyak dua unit, sedangkan sisanya Boeing 737-900 ER,” ujar Rusdi Kirana, Presiden Direktur Lion Air.
Selain penambahan pesawat, Lion Air juga akan memindahkan terminal keberangkatan dan kedatangan rute Jakarta-Denpasar, pekan depan. Jika sebelumnya ada di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta menjadi Terminal III. “Investasi perpindahan destinasi rute Jakarta-Denpasar sekitar Rp 5 miliar,” katanya.
Untuk rute Jakarta-Denpasar di Terminal III Bandara Seokarno Hatta, tambah Edward, Lion menargetkan jumlah penumpang sebanyak 2.600 penumpang per hari. Ke depan, perusahaan ini juga tengah mengusahakan izin perpindahan tiga rute tambahan di Terminal III, yakni rute penerbangan Jakarta-Yogyakarta, Jakarta-Semarang, dan Jakarta-Lombok.
Menurut Edward, perpindahan terminal secara resmi akan dimulai pada Rabu (30/5). “Kami ingin meningkatkan pelayanan,” katanya.
Di terminal yang dulunya hanya dipakai Air Asia itu, Lion Air akan melayani 13 frekuensi penerbangan Jakarta-Denpasar dengan memakai tiga unit pesawat. Diharapkan konektifitas juga makin baik karena terminal III dekat dengan terminal 2D dan 2E.(KONTAN / Ragil Nugroho, Melati Amaya Dori )

sumber : tribunnews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s