Derita Swedia, Tawa Ukraina

Bomber Swedia Zlatan Ibrahimovic bereaksi setelah gagal memanfaatkan peluang dalam pertandingan melawan tuan rumah Ukraina dalam fase penyisihan Grup D, Senin (11/6/2012), di Stadion Olimpiade, Kyiv.


KYIV, KOMPAS.com – Ambisi Swedia menghancurkan rekor buruknya sendiri akhirnya tak kesampaian di Stadion Olimpiade Kiev, Senin atau Selasa (12/6/2012) dinihari WIB. Justru tuan rumah Ukraina yang menorehkan rekor baru berbekal kemenangan 2-1 itu.

* Ukraina menjadi tuan rumah pertama yang memenangi partai pembuka Euro dalam 12 tahun. Pada Euro 2000 buat tuan rumah –Belanda dan Belgia– sukses memenangi laga perdananya. Bahkan, Belgia melipat Swedia 2-1. Skor dan tim yang sama persis seperti yang dicatatkan Ukraina.

* Zlatan Ibrahimovic menjadi pemain kelima yang menciptakan gol dalam tiga edisi Euro. Ia menjejaki prestasi Juergen Klinsmann (Jerman), Vladimir Smicer (Republik Ceko), Thierry Henry (Perancis), dan Nuno Gomes (Portugal).

* Ukraina menjadi tuan rumah pertama yang memenangi partai pembuka Euro dalam 12 tahun. Pada Euro 2000 tuan rumah Belanda dan Belgia sukses memenangi laga perdananya. Bahkan, Belgia melipat Swedia 2-1. Skor dan tim yang sama persis dicatatkan Ukraina.

* Andriy Shevchenko menambah derita Swedia yang tak pernah sukses menghadapi lima tuan rumah Piala Dunia atau Piala Eropa. Rekor buruk Swedia kini menjadi lima kekalahan plus kebobolan 17 gol.

* Dua kapten dalam pertandingan Ukraina (Sheva) dan Swedia (Ibra) sama-sama mencetak gol. Partai terakhir kala kedua kapten membobol gawang lawan di Euro adalah Portugal versus Jerman yang berakhir 2-3, empat tahun lalu. Waktu itu dua kaptennya adalah Gomes dan Michael Ballack.

Fakta Unik Turnamen

* Pertama dalam 24 tahun dua tim (Belanda dan Portugal) gagal mencetak gol dalam pertandingan pembuka penyisihan grup. Pada Euro 1988 Belanda dan Inggris yang mencatatkan torehan buruk itu.

* Delapan dari 20 gol dalam laga perdana keempat grup Euro 2012 diciptakan melalui tandukan kepala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s