Fans Polandia-Rusia Bentrok, 123 Orang Ditangkap

Polisi anti huru-hara bereaksi setelah penggemar tim nasional sepak bola Polandia dan Rusia bentrok di Warsawa, Selasa (12/6/2012), di sela laga kedua tim di Piala Eropa 2012. Polisi menggunakan gas air mata untuk meredakan aksi para fans.

WARSAWA, KOMPAS.com – Hasil imbang 1-1 antara dua musuh bebuyutan, Polandia dan Rusia, dalam laga lanjutan Grup A Piala Eropa 2012, Selasa (12/6/2012), diwarnai bentrokan antarpenggemar kedua tim. Sekitar 123 penggemar kedua kubu, seperti dicatat Four Four Two, ditangkap setelah berseteru di jalanan di Warsawa. Menurut Soccernet, 15 orang lainnya luka-luka akibat insiden ini.

Polisi anti huru-hara yang dilempari sejumlah benda, termasuk batu, petasan dan botol membalas dengan menembakkan gas air mata dan peluru karet ke arah penggemar yang sebelumnya saling berhadapan antara jembatan yang melintasi sungai Vistula ke arah Stadion Nasional Warsawa.

Laga antara kedua kubu memang selalu berpotensi pecah menjadi kerusuhan karena konflik berabad-abad antara kedua negara. Kekuasaan Uni Soviet -sekarang Rusia- sempat sangat dominan di Polandia pasca-Perang Dunia kedua.

Tercatat, sekitar 20.000 fans Rusia berada di ibukota Polandia itu untuk menyaksikan langsung laga melawan Polandia yang memang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Rusia. Bahkan, sebelumkick-off, sebuah bendera besar bertuliskan “This Is Rusia” dikibarkan.

Sementara itu, sekitar 100.000 fans Polandia berkumpul di alun-alun utama kota untuk menonton pertandingan meski sempat jantungan terlebih dulu setelah Alan Dzagoev membuat Rusia unggul 1-0. Barulah pada menit ke-57, kapten Polandia, Jakub Blaszczykowski, bisa menyamakan kedudukan hingga menit terakhir.

Dalam konferensi pers setelah pertandingan, pelatih timnas Polandia, Franciszek Smuda, sempat menyampaikan apresiasinya kepada para fans. Namun dirinya belum menyadari insiden kerusuhan yang terjadi di tengah kota.

“Yang pasti para fans mendukung kami dengan cara yang hebat,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s