Jakub Membuka Peluang Pasukan Smuda

Suporter Polandia berpose jelang pertandingan tim kesayangannya melawan Rusia di Stadion Nasional Warsawa, Selasa (12/6/2012).

WARSAWA, KOMPAS.com – Menerima umpan terobosan Eugen Polanski di sisi kiri pertahanan Rusia, gelandang serang Polandia, Jakub Blaszczykowski, berlari mendekati ujung kiri kotak penalti. Ancang-ancang dua langkah, Jakub dengan kaki kiri, menyepak bola terarah ke sudut kanan gawang dan tak terjangkau kiper Vyacheslav Malafeev.

Peluang pasukan ”Smuda” Polandia terbuka. Gol di menit ke-57 itu menyamakan kedudukan. Polandia-Rusia 1-1 (0-1) dalam laga kedua Grup A di Warsawa, Selasa (12/6/2012).

Gol semata wayang Blaszczykowski itu membuat puluhan ribu pendukung tim tuan rumah yang memenuhi Stadion Nasional bersuka cita. Wajah muram puluhan ribu pendukung tim Putih-Merah yang tampak sepanjang babak pertama, sirna setelah sang kapten melesakkan bola ke gawang Rusia.

Lambaian bendera, syal hingga topi yang melambangkan dukungan para penonton terlihat di seluruh sudut stadion. Blaszczykowski yang lebih banyak bermain sebagai gelandang kanan, langsung diserbu rekan-rekannya seusai mencetak gol.

Hasil seri 1-1 melawan pasukan pelatih Dick Advocaat itu membuat Polandia berada di posisi ketiga klasemen sementara grup A dengan skor dua. Rusia memuncaki klasemen grup A dengan skor empat, hasil sekali menang, sekali seri. Yunani, kampiun Piala Eropa 2004, menduduki posisi buncit klasemen dengan nilai satu, hasil sekali seri dan sekali kalah.

Gol tunggal tim Beruang Merah-Rusia ke gawang Polandia yang dikawal Przemyslaw Tyton diciptakan Alan Dzagoyez pada menit ke-37, hasil tendangan bebas Andrey Arshavin dari sisi kanan wilayah pertahanan Polandia. Gol tersebut membuat Dzagoyez memimpin sebagai pencetak gol terbanyak sementara di perhelatan final Piala Eropa dengan tiga gol dari dua kali bertanding.

Bermain cepat
Hasil mengecewakan pada laga pertama, membuat Smuda sedikit mengubah taktik dengan menempatkan Rafal Murawski sebagai gelandang serang persis dibawah Robert Lewandowski, untuk membantu daya serang Polandia. Terbukti, 30 menit pertama babak, setidaknya tiga peluang emas tercipta meski tidak berbuah gol.

Menit ke-17, Eugen Polanski, menerima umpan terobosan Lewadowski di dalam kotak penalti Rusia dan menjebol gawang Rusia. Namun, gol itu dianulir wasit karena Polanski telah berada dalam posisi offside.

Lewandowski yang diandalkan sebagai penyerang tunggal, tidak mampu berbuat banyak menerobos pertahanan Rusia. Dijaga ketat secara bergantian oleh Igor Denisov dan Alexei Berezutski, penyerang Borussia Dortmund ini tidak mampu menunjukkan tajinya di lini depan Polandia.

Penjagaan yang ketat dan permainan keras lini belakang Rusia membuat Lewandowski sedikit lepas kendali. Penyerang yang telah mengoleksi 13 gol dari 40 kali penampilannya bersama timnas, mendapat kartu kuning pada menit ke-60 setelah bersitegang dengan Denisov.

Rusia sebenarnya bisa menambah gol melalui kaki Dzagoyev ketika menerima umpan mendatar Alexander Kerzhakov di depan kotak penalti Polandia. Tapi, tendangan kaki kirinya masih mampu ditahan oleh Pyton.

Untuk lolos dari grup D, Polandia tinggal menghadapi tim Republik Ceko yang mampu menggilas Yunani pada Minggu (17/6/2012) mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s