Bilic: Wasit Bela Italia

POZNAN, KOMPAS.com — Pelatih Kroasia, Slaven Bilic, mengaku kecewa dengan kepemimpinan wasit Howard Webb dalam laga kedua penyisihan Grup C antara timnya melawan Italia, Kamis (14/6/2012). Ia menilai, wasit telah mendukung “Gli Azzurri” dalam laga yang berakhir dengan skor imbang 1-1 tersebut.

Pernyataan Bilic mengacu ke pelanggaran bek Italia, Giorgio Chiellini, kepada Nikica Jelavic di babak pertama. Pelatih berusia 43 tahun itu menilai, seharusnya Webb memberikan tendangan penalti atas pelanggaran itu.

“Beberapa pelatih tak ingin berbicara tentang wasit, tapi saya tidak setuju dengan anggapan itu. Saya mungkin tidak obyektif, tapi itu jelas penalti ketika Jelavic dijatuhkan,” ujar Bilic seperti dilansir Football Italia.

“Saya tidak ingin berkontroversi, tapi wasit itu jelas membela Italia,” tegasnya kemudian.

Soal permainan tim, Bilic mengakui melawan tim sekelas Italia bukan pekerjaan mudah. Namun, ia cukup puas setelah penampilan anak asuhnya berkembang di babak kedua, bahkan mampu mengakhiri pertandingan dengan skor imbang.

“Mereka (Italia) lebih baik dari kami di babak pertama. Dan, kami mengubah segala taktik di babak kedua, jadi Mario Mandzukic bermain lebih ke depan dan Luka Modric pindah ke sayap. Setelah itu, kami lebih mendominasi,” aku Bilic.

Hasil imbang itu membuat Kroasia berada di peringkat kedua klasemen sementara Grup C dengan empat poin. Nilai Kroasia sama dengan pimpinan klasemen Spanyol yang menang selisih gol. Posisi Kroasia bisa saja tergeser Italia jika tidak meraih hasil maksimal saat melawan “La Furia Roja” di matchday terakhir, Selasa (19/6/2012).

“Enam poin memang lebih baik, tetapi hasil ini cukup bagus. Negara lain pasti tidak pernah membayangkan dapat melangkah sejauh ini. Kami masih punya kesempatan lolos dari grup sulit ini dan melaju ke babak selanjutnya dari grup sulit. Itu bakal jadi kesuksesan fenomenal,” katanya.

“Saya tidak ingin bicara tentang laga melawan Spanyol. Kami memiliki banyak waktu untuk menganalisis permainan mereka. Sekarang, saya sangat puas berada di situasi yang bagus dengan raihan empat poin. Saya sangat optimistis untuk pertandingan selanjutnya dan (hasil akhir) seluruh turnamen ini,” tegas Bilic.

One thought on “Bilic: Wasit Bela Italia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s