Ceko Lolos Dengan Gol Finalti

Selebrasi Republik Ceko yang merayakan gol Petr Jiracek dalam pertandingan terakhir Grup A melawan Polandia di Stadion Municipal, Wroclaw, Sabtu (16/6/2012).

KOMPAS.com – Untuk kali kedua dalam sejarah Piala Eropa, Republik Ceko lolos dari penyisihan grup dengan perbedaan gol minus.

* Ceko lolos dari penyisihan grup dengan nilai minus satu. Perbedaan gol yang sama juga dicapai tim itu pada Euro 1996. Ceko yang saat itu dinakhodai Karel Brueckner lolos dari Grup C mendampingi Jerman karena unggul head-to-head dengan skor 2-1 atas Italia.

* Lolosnya Ceko ke perempat final Euro 2012 berkebalikan dengan Euro 2008. Saat itu mereka menang di laga pembuka namun gagal lolos ke babak selanjutnya karena kalah dalam partai terakhir penyisihan grup.

* Rusia kalah 0-1 dari Yunani di pertandingan terakhir penyisihan Grup A. Padahal mereka membuka Euro 2012 dengan kemenangan 4-1. Empat tahun lalu, tim “Beruang Merah” kalah 1-4 dari Spanyol dalam laga pembuka namun sukses melaju hingga semifinal.

* Pemain VfL Wolfsburg sudah mengeslot lima gol (Mario Mandzukic tiga dan Jiracek dua gol) dalam Euro 2012. Lebih dari kontribusi gol pemain klub lainnya.

* Pemain yang tersering mendapat kartu kuning sepanjang sejarah Euro: Giorgos Karagounis (8 kali), Gheorghe Hagi, Pavel Nedved, dan Gianluca Zambrotta (5)

* Roman Pavlyuchenko melakoni laga internasionalnya yang ke-50 saat turun sebagai pengganti melawan Yunani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s