Mengapa Ponsel Harus Dimatikan di Pesawat

Mengapa ketika take off dan landing sandaran kursi harus ditegakkan? Karena, take off dan landing adalah proses paling krusial dalam sebuah penerbangan. Pada saat itu pesawat dalam kecepatan tinggi. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, pilot perlu melakukan immediate action (tindakan segera), misalnya, membatalkan take off. Pada saat itu akan ada instruksi bagi penumpang untuk mengambil bent down (duduk dengan badan ditundukkan sambil memegang kaki), yang merupakan posisi paling aman untuk melindungi diri dari benturan. Bila kursi tidak dalam keadaan tegak, tentu akan sulit untuk melakukan tindakan bent down secepatnya. Selain itu, penumpang yang duduk di belakang anda, akan terkena sandaran kursi anda pada saat dia akan melakukan bent down.

Mengapa ponsel harus dimatikan? Ponsel harus dimatikan sepanjang perjalanan, bukan hanya pada saat take off dan landing. Ketika berada di ketinggian, tidak ada ponsel yang bisa berfungsi karena tidak ada sinyal yang sampai. Bila ponsel dinyalakan, sekalipun dibuat silent, meski tidak ada sinyal, ponsel akan terus mencari sinyal. Hal itu akan mengganggu system komunikasi yg ada di cockpit, karena alat komunikasi pesawat sangatlah sensitif, misalnya saat mesin komunikasi menyebut bahwa ketinggian pesawat adalah 2.000 kaki, tapi karena diganggu bunyi kresek akibat ponsel yang sedang mencari sinyal, maka bisa saja kedengaranny jadi 20.000 kaki, karena yang terdengar hanya angka 2 saja. Akibatnya, karena dianggap terlalu tinggi, maka pilot akan menurunkan ketinggian dan bisa-bisa pesawat menabrak gunung.

Mengapa penutup jendela juga harus dibuka? Agar penumpang juga ikut waspada, bila ada percikan api di sayap pesawat. Selain itu, penumpang juga bisa ikut melihat posisi pesawat apakah mendekati laut atau daratan saat akan melakukan pendaratan darurat sehingga bisa secepatnya memutuskan apakah perlu mengenakan jaket pelampung atau tidak.

One thought on “Mengapa Ponsel Harus Dimatikan di Pesawat

  1. Hello, i believe that i noticed you visited my site thus i came to “return the prefer”.I am attempting to to find things to enhance my site!I suppose its good enough to use a few of your concepts!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s