Final Keempat, Spanyol?

Gelandang Spanyol Xabi Alonso merayakan golnya bersama golnya ke gawang Perancis bersama rekannya, Cesc Fabregas, dalam pertandingan perempat final Euro di Stadion Donbass Arena, Donetsk, Sabtu (23/6/2012).

DONETSK, KOMPAS.com – Tak ada yang mampu menahan Spanyol melesat ke partai puncak Euro jika “La Furia Roja” sudah memastikan tiket semifinal. Tak percaya?

* Spanyol mencapai semifinal keempatnya dalam putaran final Euro. Dalam tiga Babak Empat Besar sebelumnya, “La Furia Roja” selalu mencapai final turnamen Piala Eropa.

* Spanyol kini tak terkalahkan dalam sepuluh laga kompetitif beruntun. Mereka bergabung dengan Belanda (1988-1996), Jerman Barat (1972-1984), dan Italia (1968-1988).

* Spanyol sukses mengalahkan Perancis untuk kali pertama dalam lima partai kompetitif.

* Baru di Euro 2012 ini Spanyol lolos dari perempat final dalam waktu reguler. Sebelumnya, Spanyol digagalkan Inggris 2-4 lewat adu penalti pada Euro 1996, dieliminasi Perancis 1-2 pada Euro 2000 hingga menyikat Italia via adu penalti 4-2, empat tahun lalu.

* Partai Spanyol dan Iker Casillas tanpa pernah kebobolan di babak knock-out putaran final Piala Dunia dan Piala Eropa mencapai delapan laga. Rekor terbaik yang pernah dicapai oleh seorang kiper.

* Xabi Alonso mencetak gol kedua dan ketiganya di putaran final Piala Dunia dan Euro dengan melesakkan bola ke gawang Perancis. Ia mencetak gol pertamanya untuk Spanyol pada Piala Dunia 2006 ketika “La Seleccion” membekap Ukraina 4-0 di penyisihan grup. Lagi-lagi sebuah gol sundulan.

* Xabi Alonso menjadi pemain ketiga yang mencetak caps keseratusnya di Euro 2012. Sebelumnya, ada Lukas Podolski (Jerman) dan Damien Duff (Irlandia).

* Spanyol selalu mencetak gol dan menang dalam 18 laga kompetitif terakhir. “La Furia Roja” gagal mencetak gol terakhir adalah saat dikalahkan Swiss di laga pembuka Piala Dunia 2010.

2 thoughts on “Final Keempat, Spanyol?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s