Takdir “Tiga Singa” Ditentukan 8 Tahun Lalu

Para pemain Italia merayakan kemenangan di perempat final Euro 2012 sementara kiper Inggris Joe Hart menyaksikan selebrasi itu di Stadion Olimpiade Kyiv, Minggu (24/6/2012).

KYIV, KOMPAS.com — Sejarah memang memihak Italia. Sisi historis juga yang membuat Inggris terlempar dari Euro 2012. Benarkah takdir “The Three Lions” sudah ditentukan delapan tahun lalu?

* Sejarah terulang. Delapan tahun lalu Inggris juga disingkirkan Portugal pada perempat final Euro 2004.

* Italia akan menghadapi Jerman di semifinal Euro 2012. “Gli Azzurri” tak pernah kalah dari tim “Panser” di putaran final Piala Dunia atau Piala Eropa.

* Dari delapan adu penalti Italia sepanjang sejarah, “La Nazionale sudah memenangi tiga kali, yakni mengalahkan Belanda (semifinal Euro 2000), melipat Perancis (final Piala Dunia 2006), dan tentu menyikat Inggris (perempat final Euro 2012).

* Dari tujuh adu penalti, Inggris baru sekali menang, yakni saat membekap Spanyol di perempat final Euro 1996.

* Sepanjang sejarah Piala Eropa, sudah 28 pertandingan melaju hingga perpanjangan waktu dan 14 di antaranya diakhiri dengan adu penalti plus satu laga dipungkasi dengan undian lempar koin.

* Untuk pertama kalinya sebuah laga Euro 2012 berakhir tanpa gol pada waktu normal dan perpanjangan waktu. Tak heran kalau melibatkan Italia karena negara itu memimpin untuk kategori pengemas laga imbang terbanyak. Sepanjang sejarah Euro, “La Nazionale” meraih delapan hasil imbang.

* Italia hanya mampu mencetak 31 gol dari 31 pertandingan Piala Eropa. Itu rerata gol terendah untuk negara yang minimal sudah menjalani 20 pertandingan putaran final Euro.

* Italia tak pernah kebobolan dalam tiga perempat final yang sudah dijalani, yakni pada Euro 2000 (menang 2-0 atas Rumania, Euro 2008 (menahan imbang Spanyol 0-0), dan juga Euro 2000 (menahan imbang Inggris 0-0).

*Dari sembilan perempat final yang dijalani Inggris di luar negaranya, mereka baru sekali meraih kemenangan, yakni pada Piala Dunia 1990 saat mengandaskan Kamerun 3-2 dalam babak perpanjangan.

* Italia tak terkalahkan dalam 14 pertandingan kompetitif selama ditangani Pelatih Cesare Prandelli dan mengemas sembilan kemenangan plus lima kali imbang. Bukti pertahanan Italia memang keren adalah fakta bahwa gawang mereka tak pernah bobol dalam 10 pertandingan di antaranya.

Sumber :Infostrad

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s