Bandara berbahaya: Sint Maarten

Bandara berbahaya: Sint Maarten

Bagi kamu yang pernah ke Bali pasti tahu pesawat yang tiba di bandara internasional Ngurah Rai yang mendekat di landasan pacu di seberang pantai. Sebuah pemandangan yang spektakuler saat kamu bisa melihat begitu dekat pesawat Boeing 747 yang sebenarnya hampir menyentuh daratan. Meskipun bukan sebuah hal yang unik di dunia, namun ada sebuah bandara dimana landasan pacunya sangat dekat dengan pantai yaitu Bandara Internasional Juliana di Sint Maarten


Sint Maarten adalah bagian dari Belanda yang berada di pulau kecil yang terletak di Karibia. Besarnya pulau itu sepersepuluh daripada Singapura dan pulau itu terbagi menjadi dua wilayah negara bagian yakni Perancis dan Belanda. Pulau itu menjadi tujuan wisata terkenal. Bandara di sebagian Belanda, Bandara Internasional Juliana memiliki 1.5 juta penumpang setiap tahunnya dan mampu menerbangkan pesawat besar Boeing 747 Jumbo. Dikarenakan kurangnya lahan, menjadikan landasan pacu yang cukup pendek hanya sekitar 2180 meter dan hampir tidak cukup untuk jenis pesawat jet berat. Bandara Juliana juga terjepit di antara laut dan perbukitan sehingga membuat penerbangan dan pendaratan di bandara internasional Juliana merupakan salah satu yang paling menantang di dunia karena pendeknya landasan pacu sehingga ketika pesawat akan mendarat harus terbang sangat rendah ketika mendekati landasan pacu, tepat di atas pantai Maho.

Letaknya yang sangat dekat dengan pantai Maho menjadikan bandara ini tempat yang sangat terkenal bagi para planespotter untuk mengambil gambar datangnya pesawat jet jumbo yang spektakuler. Ada begitu banyak gambar yang tak terhingga seperti: pesawat sangat besar terbang 10 meter diatas para turis yang sedang santai dan seringkali mereka dikira mengada-ada. Padahal sebenarnya gambar-gambar tersebut memang nyata. Masih tidak percaya, lihatlah video YouTube yang mengesankan di bawah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s