Cahaya Malam Hari Berkaitan dengan Kanker

KOMPAS.com – Paparan cahaya pada malam hari ternyata diyakini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Dalam kajian terbarunya, para ilmuwan dari American Medical Association (AMA) menyatakan bahwa pencahayaan di malam hari mungkin terkait dengan kasus kanker.

Cahaya lampu dapat menekan produksi melatonin sampai tingkat yang paling rendah, tergantung pada jumlah cahaya
— Richard Stevens

Selama ini, kita sering mendengar tentang polusi udara, air, dan kebisingan (suara). Tapi selain itu, sesungguhnya ada pula yang disebut polusi cahaya. Polusi cahaya justru terjadi ketika Anda tidak dapat tidur di malam hari karena terpapar lampu jalan, atau cahaya dari TV atau komputer.

Polusi cahaya sering terjadi pada para pekerja yang bekerja shift. Pekerja malam ini selalu terjaga ketika tubuh ingin tidur sehingga mengganggu ritme tubuh. Pola tidur yang berubah dapat memicu stres, kecemasan dan berat badan, bahkan tak jarang pula dapat menyebabkan kanker, meskipun risikonya kecil.

“Ini adalah masalah lingkungan yang memiliki dampak besar pada kesehatan masyarakat. Berdasarkan akumulasi bukti yang ada, kami menanggapi permasalahan ini dengan serius dan masyarakat harus menganggapinya juga dengan serius,” kata Richard Stevens, ahli epidemiologi kanker dan profesor di UConn School of Medicine Department of Community Medicine and Health Care.

Richard Stevens telah mempelajari mengenai cahaya buatan dan dampaknya selama hampir 25 tahun.

“Tidak diragukan lagi bahwa cahaya di malam hari telah mengubahan fisiologi tubuh manusia dalam jangka pendek. Kita tahu bahwa cahaya buatan mengganggu irama sirkadian. Bukti yang paling jelas adalah tentang hormon melatonin. Cahaya lampu dapat menekan produksi melatonin sampai tingkat yang paling rendah, tergantung pada jumlah cahaya,” kata Stevens.

Stevens mengatakan, sampai saat ini masih belum ada bukti yang mengatakan bahwa cahaya buatan dapat menyebabkan kanker. Para ahli menyarankan pentingnya penelitian lebih lanjut sebelum benar-benar menyimpulkan bahwa paparan cahaya pada malam hari terkait dengan kanker.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s