7 Tanda Si Dia “Selingkuh” Soal Uang

Mulailah mendiskusikan keuangan bersama, jika si dia menyimpan rahasia finansial dari Anda.

KOMPAS.com – Perselingkuhan dalam hubungan pasangan menikah, bukan hanya secara emosional atau seksual, tapi juga dalam hal keuangan. Dampak yang ditimbulkannya pun sama mengecewakannya.

Anda bisa menyelamatkan hubungan dari perselingkuhan keuangan dengan mengenali tanda-tanda suami mulai “berselingkuh” secara finansial, melalui kebiasaannya mengelola keuangan, apalagi jika ia mulai menyembunyikan sesuatu dari Anda.

Pakar keuangan dan percintaan yang populer disebut sebagai The Money Couple, Bethany dan Scott Palmer, serta terapis pasangan dan keluarga, Tracy Deagan memandu Anda untuk mengenali tanda-tanda “perselingkuhan” keuangan ini:

1. Memisahkan keuangannya dari Anda.
Jika si dia mendesak Anda untuk memiliki akun bank sendiri, termasuk memiliki kartu kredit terpisah, Anda perlu segera mempertanyakannya. Minimnya transparansi merupakan petanda terjadinya perselingkuhan, termasuk dalam hal keuangan.

Bethany dan Scott Palmer menyarankan, bersikaplah terbuka kepada si dia dengan menunjukkan buku tabungan Anda, tagihan kartu kredit Anda dan berbagai info keuangan lainnya. Lalu minta dia melakukan hal yang sama terhadap Anda.

2. Si dia berlebihan dalam mengontrol keuangan.
Kalau satu orang dalam hubungan terlalu mendominasi pengaturan keuangan, termasuk hal-hal yang mendetil, ini tandanya tak ada kepercayaan dalam hubungan. Bethany dan Scott Palmer menyarankan, ungkapkan keinginan Anda untuk lebih aktif mengatur keuangan, selain juga katakan padanya Anda merasa butuh untuk turut andil mengambil keputusan keuangan bersama. Meski kemampuan Anda mengelola keuangan tak lebih baik darinya, Anda punya hak yang sama untuk mengetahui keluar-masuknya keuangan pasangan suami istri.

3. Si dia menyembunyikan tagihan.
Kalau semua tagihan cuma dia yang tahu, dan semua surat penagihan hanya dikirimkan kepadanya, jelas ia melakukan perselingkuhan keuangan. Palmer mengatakan Anda perlu segera mempertanyakan surat penagihan yang tak pernah Anda lihat belakangan. Kalau tak ada yang disembunyikan, si dia akan langsung memberikannya kepada Anda saat itu juga. Jika si dia berkilah dan tak memberikan info penagihan, Anda perlu menghubungi pihak bank dan minta salinan penagihan. Apa pun fakta yang Anda temukan, bicarakan kepada pasangan.

4. Si dia ingin mengelola keuangan sendiri.
Mungkin pasangan Anda punya alasan khusus mengapa ia ingin mengelola keuangannya sendiri. Apa pun alasannya, ia harus menjelaskan atau mendiskusikan kepada Anda, pasangannya, tentang keinginan ini. Jika tidak, tandanya dia menyembunyikan atau melakukan sesuatu diam-diam. Cobalah untuk membuat perencanaan keuangan demi masa depan Anda dan dia, bersama-sama, saran Deagan.

5. Si dia enggan melakukan perencanaan keuangan bersama.
Ini petanda yang sangat kentara ada masalah dalam dirinya. Umumnya, pasangan menikah terbuka soal keuangan, apalagi jika sudah punya anak dan tanggung jawab yang harus dijalani bersama.

6. Belakangan, si dia punya alamat pribadi menggunakan P.O BOX
Kalau pasangan Anda memiliki alamat P.O BOX tanpa sepengetahuan Anda, ini menandakan ia menyimpan rahasia. Artinya, si dia merahasiakan berbagai tagihan keuangan atau bahkan sumber keuangan yang tak Anda ketahui sama sekali dari mana asalnya. Perselingkuhan keuangan menjadi satu-satunya alasan di balik perilaku ini, kata Deagan.

7. Pengalaman dan kebiasaan buruk seputar keuangan.
Pria yang pernah mengalami kondisi keuangan terburuk dalam hidupnya, menandakan ia punya kebiasaan buruk terkait keuangan. Misalnya, ia pernah mengalami bankrut, bermasalah dengan perjudian, dan tak mampu membiayai hidupnya sendiri. Pria yang mengalami berbagai masalah keuangan ini punya kebiasaan buruk dalam hal finansialnya, dan bisa mengulanginya kembali ketika menikah dan berkeluarga. Artinya, ia berpotensi melakukan perselingkuhan keuangan saat menikah.

3 thoughts on “7 Tanda Si Dia “Selingkuh” Soal Uang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s