Tips Memakai Kamar Mandi Umum Saat Traveling

Foto Citra Indah Blog

Ada kalanya, kamar mandi umum adalah satu-satunya opsi untuk mandi saat sedang traveling. Berikut 5 tips aman dan nyaman dalam menggunakan kamar mandi umum.

Kamar mandi umum, biasanya digunakan traveler yang menginap di hostel, losmen murah lainnya, bahkan stasiun dan terminal. Disusun detikTravel, Senin(25/6/2012), inilah 5 tips memakai kamar mandi umum:

1. Perhatikan kondisi toilet

Sebelum membuka baju atau celana, perhatikan dulu kondisi kamar mandi dengan seksama. Cek apakah kran bisa menyala dan mengeluarkan air dengan lancar. Perhatikan juga pintu dan kunci kamar mandi, jangan sampai ada yang mendobrak pintu saat Anda sedang berada di dalam kamar mandi.

Tak lupa, cek juga lampu apakah bisa menyala atau tidak. Perhatikan jendela atau ventilasi apakah aman dari pandangan orang lain. Tentu Anda tidak ingin kan jadi tontonan gratis orang-orang di sekitar kamar mandi.

2. Pastikan Anda membawa semua perlengkapan

Baju ganti, handuk dan alat mandi adalah perlengkapan yang tidak bisa ketinggalan saat menggunakan kamar mandi umum. Jangan sampai Anda baru sadar kalau ketinggalan handuk saat sedang memakai sabun. Cek kembali semua barang sebelum memulai kegiatan di dalam kamar mandi.

3. Bawa plastik

Tidak hanya untuk pakaian kotor, plastik juga bisa menyelamatkan pakaian bersih Anda. Tidak semua kamar mandi memiliki gantungan yang cukup dan bisa digunakan dengan baik. Oleh karena itu, taruh semua pakaian bersih dan handuk Anda di dalam plastik.

Plastik juga bisa menghindarkan pakaian Anda dari air kala kamar mandi yang Anda gunakan tidak terlalu besar. Namun ada yang harus diperhatikan, taruh plastik di tempat yang benar-benar aman. Jangan sampai plastik terjatuh ke lantai atau tersiram air.

4. Jangan terlalu lama berada di dalam kamar mandi

Karena tempat umum, Anda harus toleransi terhadap orang lain. Jangan anggap kamar mandi yang sedang Anda gunakan adalah milik pribadi. Bersihkan badan dengan ringkas dan berpakaianlah dengan cekatan.

Jika tidak ingin terlalu lama, pilihlah pakaian yang mudah dikenakan dalam waktu singkat. Hindari pakaian yang ketat atau yang berbahan karet. Karena saat kondisi badan belum terlalu kering, pakaian jenis tersebut akan lebih sulit dipakai.

5. Cari jam sepi

Jika ingin mandi dengan nyaman tanpa kuatir antrean, carilah jam-jam sepi pengunjung. Menjelang siang sekitar pukul 10 pagi bisa dikategorikan sebagai jam lowong. Karena pada waktu tersebut, kebanyakan orang sudah selesai dengan kegiatan yang berhubungan dengan kamar mandi. Pukul 14.00-15.00 juga bisa dikategorikan waktu yang cukup lowong.

Kalau kamar mandi umum di luar negeri seperti di Eropa, jam kosong adalah 5.00-8.00. Pada saat itu, orang bule biasanya memang belum bangun.

Pada saat-saat itu, kebanyakan orang sedang sibuk dengan aktivitas masing-masing. Silahkan mandi sepuasnya dan sesantainya. Namun, jangan kaget jika tiba-tiba ada yang mengetuk pintu kamar mandi, karena itu memang fasilitas umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s