Tips dan Cara Membuat Password Yang Kuat dan Aman

Password merupakan kata yang digunakan sebagai pengaman pada suatu akun ID. Password juga biasanya digunakan untuk masuk atau login pada akun email, facebook, wordpress, internet banking, dan lain sebagainya. Password yang mudah ditebak pasti akan menyebabkan akun kita gampang untuk dijebol oleh para hacker. Bahkan, data yang mestinya rahasia dapat terbuka dan terbajak dengan begitu mudahnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya sobat menggunakan password yang kuat dan aman. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak seperti tanggal dan tahun kelahiran, nama sobat sendiri, atau cuma 1 digit angka saja.
Berikut tips dan cara membuat password yang kuat dan aman:

  1. Gunakan gabungan angka, huruf kecil, dan huruf besar. Jika memungkinkan tambahkan beberapa karakter spesial seperti *,&,%,@,-, dll.
  2. Panjang password harus lebih dari 8 karakter. Semakin besar jumlah karakter semakin besar pula banyaknya kemungkinan password.
  3. Jangan gunakan nama panggilan, nama orang tua, nama pacar atau kekasih, tanggal lahir, maupun artis kesayangan sebagai password.
  4. Hindari untuk menggunakan kata yang ada dalam kamus sebagai password
  5. Usahakan untuk menggunakan password yang berbeda di setiap akunnya.
  6. Jangan menulis atau mengetik password di ponsel, kertas, ataupun dokumen file

Kata alay, kata yang dianggap sebagai sesuatu yang berlebihan dan lebay ternyata sangat cocok digunakan sebagai kata sandi atau password. Bagaimana tidak, kata alay itu sendiri terdiri atas gabungan antara huruf dan angka. Sebagai contoh: m3n3k3t3h3, ILuphY0u, Beg2, dan masih banyak lainnya. Kata alay tersebut tinggal sobat sesuaikan dengan syarat dan kriteria di atas dengan menambahkan karakter spesial di depan atau di akhir kata.

Walaupun sobat telah menggunakan password yang cukup kuat, ternyata prilaku dan tindakan kita dalam melakukan login juga dapat menyebabkan password yang kita berikan mudah ditebak dan tidak aman lagi. Ketika menggunakan akses internet, pastikan bahwa akses internet yang sobat gunakan aman. Jika sobat menggunakan warnet atau jaringan hotspot gratis, selalu waspada dan jangan lupa logout di setiap sobat telah selesai menggunakan akun tersebut.

Nah, itu tadi tips dan cara membuat password yang kuat dan aman sehingga password tersebut tidak mudah ditebak dan dibobol oleh para hacker. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s