10 Cara Menyegarkan Ruang Sudut

KOMPAS.com – Anda memiliki ruang sudut di rumah? Jangan abaikan ruang sudut Anda. Bila dibiarkan, ruang sudut akan menjadi ruang mati dan terabaikan. Efeknya, ruang ini akan mempengaruhi tampilan ruangan secara menyeluruh.

Ada banyak cara kreatif untuk memaksimalkan ruang sudut menjadi lebih bernyawa. Kuncinya adalah kreatif memanfaatkan ruang sudut dan disesuaikan dengan kebutuhan ruangan. Jika Anda mengalami masalah dengan ruang sudut dalam hunian, mungkin 10 saran ini bisa membantu memberikan “kesegaran” baru di ruangan Anda!

1. Jadikan ruang sudut sebagai area menggantung jaket, syal, topi, dan aksesoris lainnya. Gantungan bisa dipilih bentuknya yang unik dan menarik. Ketika tidak difungsikan sebagai gantungan, fungsi lain seperti penghias sudut ruangan bisa tercipta.

2. Jika sudut ruangan Anda memiliki lebae dinding tanggung dan jendela tinggi di satu sisi, maka aturlah dua kursi berlengan ditambah satu meja konsol di antaranya. Kursi berlengan sifatnya tidak masif sehingga tidak akan menutupi sinar yang datang dari jendela.

3. Sudut ruangan dapat diisi dengan ambalan built in. Ambalan ini dapat diisi majalah, buku, atau pernak pernik lain. Agar berfungsi maksimal, sesuaikan ketinggian ambalan dengan jangkauan tangan Anda.

4. Ubah sudut ruang di ruang keluarga menjadi rak buku. Manfaatkan dinding kosong dengan menambahkan rak tempel. Pastikan rak buku ini kuat sehingga bisa memuat aneka macam koleksi buku. Dengan menambahkan standing lamp, ruang sudut bisa berubah sebagai sudut baca yang nyaman.

5. Ide tempat duduk berbentuk “L” seperti bentuk bangku di warung bisa dicoba pada sudut di ruang makan. Buatlah bangku built in yang menempel ke dinding dengan pola huruf L mengikuti bentuk siku-siku ruang. Tambahkan alas duduk dan bantalan punggung agar kegiatan makan lebih nyaman.

6. Di kamar tidur, isi ruang sudutnya dengan tambahan nakas. Keberadaan nakas di samping tempat tidur dapat dimanfaatkan sebagai area penyimpanan. Jadikan nakas ini penuh dengan cerminan karakter Anda, contohnya dengan meletakkan buku favorit, foto pribadi, agenda, dan aksesoris lainnya.

7. Dengan menambah ambalan, meja tempel dan kursi mengubah ruang sudut menjadi ruang kerja baru. Ambalan dan meja ditempel pada dinding dan kolom akan membuat sudut ruang tampil lebih optimal. Selanjutnya, silakan berkreasi dengan meja kerja baru ini.

8. Manfaatkan sudut di kamar mandi sebagai sumber pencahayaan alami dengan menghadirkan bukaan seperti jendela atau skylight. Atau buatlah rongga pada sudut kamar mandi menjadi tempat meletakkan alat-alat mandi.

9. Tempatkan saja sepasang kursi dan meja di sudut ruang. Tambahan keduanya akan menjadikan area ini sebagai tempat baru untuk membangun suasana akrab saat berbincang-bincang, baik antara anggota keluarga atau saat menerima tamu.

10. Kamar tidur dan kamar mandi yang bersebelahan kerap menyisakan sudut luas tapi tanggung. Agar optimal, tambahkan wastafel dan cermin pada area tanggung ini. Hasilnya, Anda akan memeroleh ruang cuci tangan baru.

Selamat berkreasi!

Sumber: Seri Rumah Ide “101 Inspirasi Sudut Ruang”, Imelda Akmal Architectural Writer Studio, Gramedia Pustaka Utama

One thought on “10 Cara Menyegarkan Ruang Sudut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s