Bandara Pekanbaru Belum Lakukan Semua Perbaikan

Pesawat Garuda masih berada di ujung runway Bandara Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau karena tertundanya penerbangan, Rabu (18/7/2012). Sebagian besar penerbangan terpaksa ditunda akibat belum dievakuasinya pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 174 yang keluar dari landasan pacu sehari sebelumnya. TRIBUN PEKANBARU/THEO RIZKY

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU – Ketua tim penyelidik KNKT untuk insiden Garuda di Pekanbaru, Masruri, Kamis (26/7/2012) pagi mengutarakan kepada Tribun, ia melihat upaya pengelola bandara untuk melakukan beberapa perbaikan segara sudah dilaksanakan dengan cepat.

“Ya, saya lihat perbaikan-perbaikan yang kami minta untuk segera dilakukan sudah dilakukan dengan baik dan cepat,” ujar Masruri yang juga menjabat Kepala Sub Komite Penyelidikan Kecelakaan Transportasi Udara KNKT itu.
Meski demikian, dia mengakui, bandara belum melakukan seluruh perbaikan yang diperlukan segera seperti direkomendasikan KNKT.
Namun, saat Tribun menanyakan apa saja seluruh rekomendasi perbaikan itu, Masruri tidak memberi keterangan lebih lanjut. “Segera nanti kami sampaikan dalam report kami,” ujar Masruri.
Sebelumnya, Tim investigasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk insiden Garuda di Bandara SSK II Pekanbaru, Kamis (26/7/2012) pagi, menyatakan sudah selesai mengunduh kotak hitam pesawat nahas itu.
“Download sudah selesai dalam hitungan jam,” ujar Masruri, Ketua Tim Penyelidik dari KNKT.
Saat ini, tim itu, menurut Masruri, mulai melakukan verifikasi dan analisis kotak hitam. “Yang butuh waktu adalah verifikasi dan analisisnya,” ujar Masruri.
Sebelumnya, Rabu malam, Masruri memberi keterangan, pihaknya baru saja mulai mengunduh kotak hitam Garuda tersebut. “Kami baru download black box dan pihak bandara telah membersihkan deposit karet yang ada di run way,” kata Masruri, Rabu malam.
Seperti diketahui, pada 17 Juli 2012 lalu, pesawat Garuda keluar jalur di lintasan 18. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s