Kapan Paling Efektif Minum Susu atau Kopi?

Cokelat panas memiliki kadar antioksidan lebih banyak daripada kopi, anggur merah, atau teh hijau.

KOMPAS.com – Anda tentu telah mengenal enam jenis minuman ini, karena berbagai manfaat kesehatannya. Teh hijau, susu, atau red wine, dikenal sebagai minuman yang mampu menghambat penuaan dini. Tetapi kapan waktu yang tepat untuk meminumnya? Cari tahu, agar Anda mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Air putih
When to drink: Setiap terasa haus
Sebisa mungkin, jangan sampai Anda merasa kehausan. Minumlah begitu Anda ingat ada gelas berisi air putih di meja kerja. Menghidrasi tubuh akan mengurangi rasa pening ketika tubuh mulai kekurangan cairan, dan tentunya menghilangkan rasa kering pada tenggorokan. Dan, boleh percaya boleh tidak, rajin minum air putih membuat kulit Anda terlihat lebih cerah dan berkilau, demikian menurut David E. Bank, MD, ahli dermatologi di Mount Kisco, New York.

Kopi
When to drink: Sarapan
Kopi membantu kesehatan jantung, dan mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Jika Anda ingin mendorong metabolisme tubuh Anda, pilih kopi hitam tanpa gula.

Teh hijau
When to drink: Makan siang
Menurut Jonathan R. Cole, MD, direktur medis di California Health and Longevity Institute, teh hijau akan meningkatkan metabolisme, dan membantu mencegah kanker payudara. Teh hitam juga memiliki kelebihannya sendiri, antara lain menurunkan tekanan darah, menurut penelitian dari University of Western Australia.

Cokelat panas
When to drink: Ngemil sore
Sore hari, ketika tiba jam ngemil Anda, jangan lupa menambahkan cokelat panas dalam menu Anda. Tentu saja Anda boleh meminumnya dalam keadaan dingin, tetapi cokelat panas memiliki kadar antioksidan lebih banyak daripada kopi, anggur merah, atau teh hijau. Selain itu, juga baik untuk jantung dan kesehatan kulit, ungkap sebuah studi dari Cornell University.

Red wine
When to drink: Makan malam
Untuk makan malam di rumah, mungkin Anda tak biasa menyediakan anggur merah. Tetapi ketika Anda menghadiri jamuan makan, dan red wine dihidangkan di sana, jangan ragu menyesapnya. Menurut laporan Journal of Biological Chemistry, piceatannol (senyawa yang diproduksi oleh tubuh ketika Anda minum segelas wine), dapat menghambat pertumbuhan sel-sel lemak.

Susu
When to drink: Sebelum tidur
Ternyata, bukan hanya bayi yang boleh minum susu sebelum tidur malam. Orang dewasa pun disarankan meminumnya sebelum tidur. Apakah hal ini membuat tidur Anda lebih nyenyak? Entahlah. Yang pasti, kalsiumnya akan berpengaruh baik pada kesehatan tulang (mencegah tulang keropos), sedangkan proteinnya baik untuk kekuatan otot. Anda pun akan bangun pagi dalam keadaan lebih bugar dan kuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s