GARUDA INDONESIA

Garuda Indonesia

Garuda Indonesia merupakan salah satu maskapai penerbangan nasional di Indonesia. Pada awalnya, maskapai ini bernama Indonesian Airways dan berdiri pada tanggal 26 Januari 1949. Pesawat pertama yang mereka gunakan bernama Seulawah, dibeli seharga 120 ribu dollar Malaya (senilai 20 kg emas). Dana untuk membeli pesawat tersebut berasal dari sumbangan rakyat Aceh.

Pada tanggal 31 Maret 1950, maskapai Garuda Indonesia resmi menjadi sebuah perusahaan dengan kode maskapai GA dan merupakan joint venture antara Pemerintah RI dengan maskapai Belanda Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (KLM). Pemerintah RI menanamkan sahamnya sebesar 51%. Adapun untuk pengelolaannya diserahkan kepada KLM selama 10 tahun.

Di era tahun 1960-an, Garuda Indonesia mengalami kemajuan yang cukup pesat. Berbagai rute baru penerbangan internasional mulai dilayani. Termasuk pula penambahan armada baru. Namun memasuki tahun 1990-an, maskapai ini mengalami sejumlah permasalahan. Beberapa kecelakaan sempat menimpa maskapai ini. Kecelakaan yang terbesar terjadi pada tahun 1997 di Sibolangit dan menewaskan seluruh penumpangnya. Selain itu, krisis ekonomi juga sempat membuat maskapai ini terpuruk. Bahkan sempat menutup rute penerbangan ke Eropa dan Amerika.

Kini dengan menejemen barunya, Garuda Indonesia perlahan bisa mengatasi berbagai keterpurukan tersebut. Memasuki tahun 2000-an, Garuda Indonesia mendirikan anak perusahaan baru dengan nama Citilink. Bahkan kini Garuda Indonesia telah menyiapkan rencana ekspansinya melalui program Quantum Leap. Dalam lima tahun ke depan, Garuda Indonesia berniat menambah armadanya yang semula 62 menjadi 116 pesawat. Termasuk menambah rute tujuan domestik maupun internasional dari 41 menjadi 62 rute.

Selama ini rute domestik yang telah beroperasi antara lain dengan kota tujuan Ampenan, Balikpapan, Banda Aceh, Bandung, Banjarmasin, Batam, Biak, Denpasar, Jakarta, Jayapura, Yogyakarta, Makasar, Manado, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Semarang, Solo, Surabaya, dan Timika. Untuk rute internasional di antaranya dengan negara tujuan Arab Saudi, Jepang, China, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Thailand, Belanda, dan Australia. Pada tahun 2011 ini, Garuda Indonesia juga menyiapkan penerbangan non stop dengan menggunakan pesawat Boeing 777-300ER.
sumber: TiketPesawat.com

Untuk Pemesanan Tiket Hubungi Kami di PT Maju Jaya Senantiasa Abadi Tour And Travel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s